Friday, September 5, 2008

ayo..semangat puasa....

Hmmm... hari ini sudah masuk hari kelima dari bulan Ramadhan. Tapi tetap saja aku merasakan hal sama tiap datang bulan Ramdhan. Sakit, yup... karena menyesuaikan diri dari yang seharinya minum hampis 1 galon.. (oke..aku berlebihan sih..) jadi hanya minum beberapa gelas saja. At least biasanya di kantor aku minum sampai 6 gelas ukuran sedang (sekitar 1,5 liter) dan di rumah malamnya bisa minum (air putih ya..) sampai 4 gelas (sekitar 1 liter), kalau pagi sih paling cuma minum teh 1 gelas sambil sarapan.
Bukannya aku mau menyalahkan bulan Ramadhan ya...Tapi heran aja, padahal aku sudah mengalami belasan kali puasa di bulan Ramadhan, tapi tetap saja fenomena ini tidak pernah berubah :D Biasanya yang aku alami berkisar antara sakit tenggorokan (itu udah pasti!), pilek, batuk, dan ngantuk (hey! itu mah bukan sakit :D)..
Oke..sekarang coba kita hitung berapa banyak air yang aku minum selama puasa. Pagi buta saat sahur, otomatis aku harus minum teh minimal 1 gelas. Kalau masih ada waktu dan perut bisa nerima, ditambah air putih 1/2 gelas paling banyak. Pas buka, aku minum teh (yang jadi komoditi wajib di keluargaku pas berbuka puasa) 1 gelas, kadang tambah 1/2 - 1 gelas kalau lagi pengen :p ditambah makan pembuka puasa, sekedar kue atau kadang tempe goreng sudah cukup. Well, kita tidak sedang membicarakan makanannya ya.. setelah sholat maghrib, baru deh sekeluarga makan bareng... kalau makan malam, aku bisa minum 1-2 gelas. Selebihnya, yaitu setelah makan malam, sholat isya, sampai dengan tidur, aku paling banyak minum sampai 3 gelas. Karena kita tidak akan menghitung teh (karena katanya air putih paling bagus untuk mencegah dehidrasi), maka total air yang aku minum selama sehari semalam adalah 5 1/2 gelas paling banyak, it means tidak sampai 1,5 liter. Apalagi kemarin pagi aku tak sanggup bangun untuk sahur, itu berarti berkurang juga jumlah air yang aku minum :(
Pantesan ya.. aku selalu mengalami at least sakit tenggorokan pas puasa..tapi itu khan bukan berarti aku kapok puasa..o..o.. itu tidak mungkin :D hahahahhahaha.. tapi kenapa sering dibarengi sama pilek dan batuk ya? itu mungkin batuk sama pilek nya iseng aja ya... hehehehehe..

ayo..semangat puasa....

n_n

No comments: